Mari jujur. Tidakkah kadang-kadang terasa seperti kita hidup di dunia yang penuh dengan orang-orang dengan rambut tebal dan indah? Sedemikian rupa sehingga kita sekarang memiliki istilah yang menggambarkan perasaan umum kita tentang kunci sempurna orang lain: “rambut iri.” Tetapi dalam pencarian kami untuk kesempurnaan yang sulit dipahami itu, ada masalah lain yang kami abaikan untuk dibicarakan, yang sama-sama menggerogoti harga diri kami seperti halnya garis-garis halus, kerutan dan kulit kendur: rambut yang menipis.

Menurut American Academy of Dermatology, rambut rontok mempengaruhi sekitar 30 juta wanita di Amerika Serikat saja — itu kira-kira satu dari empat dari kita. Jadi untuk menghormati Bulan Kesadaran Rambut Rontok Nasional, kami duduk bersama dokter kulit dan ahli bedah kosmetik bersertifikat Gary Marder untuk berbicara tentang kerontokan rambut, siapa yang berisiko dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Jawaban Dokter Kulit: Mengapa Rambut Saya Menipis dan Apa yang Harus Dilakukan Tentang Ini?

T: Jadi kita tahu penyakit, hormon, dan gen tertentu menyebabkan rambut rontok, tetapi adakah sesuatu yang banyak dari kita lakukan setiap hari yang mungkin menyebabkannya juga?

Iya. Ada beberapa hal yang sebagian besar dari kita lakukan setiap hari yang menyebabkan atau mempercepat kerontokan rambut. Penyebab nomor satu adalah menarik rambut terlalu erat. Dengan menarik rambut ke belakang dalam kepang yang ketat atau kuncir kuda, daya cengkeramnya membuat rambut tertekan dan rambut keluar. Pelanggar lainnya adalah bahan kimia yang keras. Beberapa pelurus rambut dan pewarna dapat merusak rambut dan menyebabkannya rontok. Akhirnya, stres Anda. Kami telah mendengarnya lagi dan lagi dan lagi: Stres membunuh. Nah, stres juga berkontribusi pada kerontokan rambut! Jadi tetap tenang, kelola stres Anda dan tidur nyenyak!

T: Siapa yang paling berisiko?

Ada berbagai faktor yang membuat individu berisiko kehilangan rambut. Yang paling berisiko termasuk individu:

  • pada banyak obat
  • yang terus-menerus memakai rambut mereka ke belakang dengan erat
  • dengan gangguan tiroid
  • dengan ketidakseimbangan hormon
  • yang terlalu banyak mewarnai atau meluruskan rambut
  • yang mengalami tingkat stres dan / atau kecemasan yang tinggi

T: Apa hal pertama yang harus kita lakukan jika kita mencurigai rambut rontok?

Pertama-tama, jika Anda curiga rambut menipis atau rontok, tarik napas panjang dan rileks. Lebih sering daripada tidak, individu melihat beberapa rambut rontok di kamar mandi, dan itu hanya bagian dari proses penumpahan normal. Itu normal untuk kehilangan 100 rambut sehari. Jika Anda memperhatikan bahwa Anda benar-benar menipis atau mengalami kerontokan rambut lebih dari 100 rambut sehari, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi dokter kulit Anda untuk memastikan tidak ada kondisi medis yang mendasar yang perlu diperhatikan. Dokter kulit dapat mengetahui akar penyebab kerontokan rambut dan memberi Anda obat untuk membantu rambut menguat dan tumbuh.

T: Seberapa dekat kita dengan penyembuhan permanen untuk kerontokan rambut?

Meskipun ada banyak penelitian, kami bahkan tidak menemukan obat permanen untuk kerontokan rambut. Saya ingat dengan jelas mengambil jurnal medis sekitar setahun yang lalu dan sangat bersemangat untuk membaca artikel yang mengklaim memiliki solusi rambut rontok untuk pria. Jurnal medis nyata dan sah dengan solusinya — sangat mengasyikkan! Setelah membaca artikel itu, kegembiraan saya dengan cepat menghilang: Solusi bagi pria dengan rambut rontok adalah dengan mencukur rambut mereka. Pada catatan yang lebih cerah, ada kemajuan yang berani dalam mencegah kerontokan rambut lebih lanjut dan menyebabkan rambut baru tumbuh. Jadi sementara kita mungkin belum memiliki obat permanen, kami dapat membantu sebagian besar orang mendapatkan kembali rambut mereka.

T: Apakah produk perawatan rambut dan perawatan topikal bekerja? Jika demikian, bahan apa yang harus kita cari dalam perawatan rambut rontok?

Ya, produk perawatan rambut dan perawatan topikal benar-benar berfungsi! Produk tertentu yang dirancang untuk penipisan rambut akan membantu mengurangi peradangan dan merangsang kulit kepala. Solusi dengan minoxidil akan membantu mencegah kerontokan rambut lebih lanjut.

T: Perubahan gaya hidup apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah kerontokan rambut?

Membuat beberapa perubahan gaya hidup dapat benar-benar membantu mencegah kerontokan rambut. Pertama, tidur nyenyak. Ambil multivitamin. Pastikan untuk minum banyak air, dan berolahraga. Jangan menarik rambut Anda ke belakang terlalu kencang, dan lakukan tata rambut dengan mudah. Pastikan Anda tidak terlalu sering mewarnai atau meluruskan rambut. Akhirnya, makan makanan yang sehat dan kelola tingkat stres Anda.

T: Apa cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala kita?

Kesehatan rambut dan kulit kepala sangat penting. Pertama-tama, pastikan Anda cukup mencuci rambut (tapi jangan terlalu banyak). Benar-benar tidak perlu mencuci rambut Anda lebih dari sekali sehari. Jika Anda memiliki rambut yang halus atau normal, pencucian setiap hari dianjurkan. Jika rambut Anda sangat tebal dan kasar, cobalah untuk mencucinya setidaknya dua kali seminggu. Kedua, pastikan Anda mengkondisikan rambut dan kulit kepala dengan kondisioner rambut atau minyak, seperti minyak kelapa. Penting untuk mengembalikan kelembapan pada rambut dan kulit kepala. Minumlah banyak air, dan pertimbangkan suplemen biotin setiap hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *